November 20, 2011

Software untuk Transkrip Audio Wawancara

Memasuki bagian akhir pengumpulan data primer saya. saya kelabakan mencari jasa transkrip wawancara, disamping karena jasa semacam ini jarang ada, bahkan di kaskus pun hanya 1 saja yang menyediakan jasa ini. itu pun sudah tahun 2010 lalu. dan juga kalaupun ada pasti mahal.

Akhirnya saya bertekat bulat untuk melakukan transkrip sendiri. cara pertama yang saya lakukan adalah melakukan transkrip manual, dengan media player biasa. alias dengan Winamp. konsekuensinya saya harus memainkan Mouse, keyboard, dan juga dua buah jendela kerja. sungguh tidak bisa efektif dan efisien kerja saya ini.

Bayangkan untuk rekaman wawancara berdurasi 30’menitan saya bisa menghabiskan waktu 2,5 jam’an lebih hampir 3 jam’an untuk membuat transkripnya. Hal ini karena tiap detik saya berkutat dengan mouse dan juga keyboard, menekan tombol PLAY, kemudian PAUSE, dan MENGETIK, kemudian RESUME kembali. dan ini berlanjut terus tiap beberapa detik sekali. sungguh tidak effisien.

Alhasil lewat perkelanaan saya di Rimba Google saya menemukan SOFTWARE yang khusus memang untuk membuat transkrip AUDIO/VIDEO. Apa gerangan softwarenya ???. ini dia…. ENg Ing enG……..

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

F4

Loh kok F4, iya, nama softwarenya memang F4. software yang dirancang khusus untuk mempermuda agan-agan sekalian untuk transkrip file audio.

 

F4

f4 supports your transcription process, meaning your personal typing of video or audio recordings from interview situations. It simplifies the transcription work as you can slow down the playback speed, control via keys (also while using Word), (automatically) insert time markers and auto text via key combinations. Moreover, the audio stream is automatically rewinded a few seconds when pressing the Stop key.

 

Kenapa Software ini Recommended ???

1. Karena hanya menjalankan 1 jendela kerja saja, semua shorcat bisa di akses melalui keyboard, tidak rumit dan simpel. sangat leluasa mengetik apa yang kmu dengar dan mengendalikan file audionya
2. Ada shorcut khusus untuk memperlambat sampai 50% tempo audionya. jadi membuat anda mengetik dengan santai seperti di dikte kan oleh orang lain.
3. Programnya simple dan mudah untuk di gunakan. GRATIS tentunya

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

DOWNLOAD
Silakan download softwarenya dengan melalui link dibawah ini.
Kedua file yang ada di bawah ini adalah wajib kalian download dan wajib kalian instal untuk menjalankan software utamanya

1. F4 (Software Utama)
2. VLC Media Player (Software pendukung, Harud diInstall)

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jangan Lupa Tinggalkan Comment ya ……
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

77 comments:

  1. @4212 makasih.....
    semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. thank you, tapi ini runningnya harus pake java ya?

    ReplyDelete
  3. @laras shinta : kelihatannya gak pakai java mbak. program .exe biasa. cuman perlu di extract terus di jalanin programnya, tanpa perlu di instal.

    ReplyDelete
  4. trims, it's very helpful :)

    ReplyDelete
  5. thx. bantu bgt...akhirnya :)

    ReplyDelete
  6. Finally...
    Haturnuhun nya Kang...

    ReplyDelete
  7. kalo infomya sangat membantu seperti ini, saya tidak ragu untuk menghadiai sebuah Klik untuk menambah sangu dan tabungan anda Kang ..matur suwun

    ReplyDelete
  8. Keren kang aplikasi nya sangat membantu...

    ReplyDelete
  9. software yang sangat membantu.....!!!!!

    ReplyDelete
  10. Okelah kalao begitu kawan

    ReplyDelete
  11. Terima kasih, software nya sangat membantu

    ReplyDelete
  12. trimakasih infonya, tp knp saya muncul java runtime error yah?
    -Arga-

    ReplyDelete
  13. terimakasih banyak, mas. sangat membantu. semoga kebaikannya dengan mempermudah orang lain dapat dibalas oleh Allah

    ReplyDelete
  14. Aku jug punya app ini,tapi yang bikin bingung kadang2 ada file yang ngga bisa bibaca sama app ini,padahal dari satu alat perekam saja

    untuk mengatasi masalah itu apa yang solusinya maz?????

    ReplyDelete
  15. mkasih gan atas infonya...

    ReplyDelete
  16. mksh mas...saya mmg gi cari software yg kyk gini...moga2 byk membantu...

    ReplyDelete
  17. Mas f4 q rusak,,mau dunlud lagi kenapa jadi ngga bisa yaaa????
    Tolong ya mass

    ReplyDelete
  18. paraaahhhhh memang ga bisa mas,,,gimana caranya ya,,,

    ReplyDelete
  19. thank ya. i try to download it now

    ReplyDelete
  20. ko pake java gak bisa di jalanin

    ReplyDelete
  21. Makasih Ya semoga Software bermanfaat bagi saya dan kebaikannya untuk ownernya

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. tak ambil softwarenya. thanks sangat ini
    by www.tafshare.com

    ReplyDelete
  24. wahhhhhh krennn!!! makasih yaa buat softwarenya...sangat membantu skali..!! ^^

    ReplyDelete
  25. terima kasih. Semoga Allah membalas kebaikanmu berlipat ganda. Aamiin.

    ReplyDelete
  26. lumayan lah, ini buat bahan pembelajaran mata kuliah dialektologi sangat membantu, thanks gan!!

    ReplyDelete
  27. ko disitu ada tulisannya di komputer sy ga ada java jadi ga bisa dibuka deh, itu gimana ya min? soalnya sy ga ngerti bahasa komputer. tapi sy butuh aplikasi ini

    ReplyDelete
  28. Download dulu javanya, trus install. Di komputer saya bisa jalan akhirnya. Makasih admin. (Jangan lupa javanya yang sesuai dg spek komputer kita x-32 atw x-64)

    ReplyDelete
  29. 😍😍😍terima kasih banyak sangat membantu memulihkan telinga saya yang mual karena mendengarkan rekaman diulang-ulang dan dibolak-balik

    ReplyDelete
  30. kenapa kok ga bisa aplikasinya? dan harus pke java

    ReplyDelete
  31. terimakasih ya infonya, sudah sangat membantu sekali
    kunjungi juga web saya

    www.yoedhisblog.wordpress.com

    ReplyDelete
  32. Boleh minta salah satu kontak gak? Saya gabisa open audionya deh caranya gmn yaa ada yg tau gak?

    ReplyDelete
  33. terimakasih... sangat membantu pekerjaan saya....

    ReplyDelete
  34. kalau untuk transkrip rekaman wawancara ada softwarenya tidak ya?
    terima kasih

    ReplyDelete
  35. ternyata untuk PC 64 bit gak bisa ya.. ada installer yang 64 bit tidak ya?
    terima kasih

    ReplyDelete
  36. kalau belum terbiasa agak sulit ya kak

    ReplyDelete
  37. Makasih uadah saya unduh aplikasi cantiknya.

    ReplyDelete
  38. makasih infonya. tapi saat saya unduh selalu error

    ReplyDelete
  39. pas banget lagi nyari ini.. thanks

    ReplyDelete
  40. sudahdi download bagaimana cara menggunakannya. asli bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan, ane juga baru download pas install ngga tau bahasa apa main klik aja, abis itu ngga tau gimana lg, yg udah berhasil tolong bantuannya :)

      Delete
  41. Thanks a lot mas.... sangat membantu dan bermanfaat,,

    ReplyDelete
  42. Mkasih gan, sebelumnya sy bikin resume kajian buat di menitkajiandotblogspotdotcom cara nya sama manual. Kalau sudah tau ada softwarenya mau saya coba ah.
    Semoga barokah gan .

    ReplyDelete
  43. mauliate ya gan!! aplikasinya sangat memnbantu...

    ReplyDelete
  44. ijin ambil softwarenya ya, untuk keperluan menulis makalah atau apapun tanpa mengetik, mudah mudahan bisa, salam

    ReplyDelete
  45. terimakasih, aplikasi yang bermanfaat

    ReplyDelete
  46. Terima Kasih gan. Sangat membantu ni. Mantap

    ReplyDelete
  47. ketika program dibuka, gak bisa berjalan melewati menit ke 10....dia minta serial number....kira2 apa serial numbernya

    ReplyDelete
  48. gan cara nginstall nya gimana ya.. Kok pas pertama kali buka gk bisa diinstall gara2 softwarenya gk ada javanya? mohon di terangkeun ya gan

    ReplyDelete
  49. masalah saya sama, tidak bisa install gara-gara error java jre sama jdk..

    ReplyDelete
  50. wahh, bermanfaat sekali, terimakasih atas informasinya. saya gabisa install lewat link yang kakak kasih. cuman sya berhasil download dari web ini https://www.audiotranskription.de/english/downloads dan berhasil diinstall juga. cuman sekarang saya bingung tentang lisensi key nya. barangkali agan2 disni ada yg sudah punya mohon sharingnya yaak.. thank youu..

    ReplyDelete
  51. bagaimana cara menggunakan app nya ?
    dan ternyata appnya membutuhkan java

    ReplyDelete
  52. Terima kasih banyak! Postingan ini sangat membantu saya

    ReplyDelete
  53. Hanya bisa pake bhs Inggris ya? Saya sdh coba nggak ada pilihan utk bhs Indonesia

    ReplyDelete
  54. Hanya bisa pake bhs Inggris ya? Saya sdh coba nggak ada pilihan utk bhs Indonesia

    ReplyDelete
  55. bingung. gabisa dan gangerti cara pake aaplikasi ini.
    ada yang punya tutorial atau cara pake nya kaya gimana?

    ReplyDelete
  56. terima kasih. sangat membantu proses transkrip.

    ReplyDelete
  57. Kalo saya suruh download vlc terus padahal udah ada vlc, itu kenapa yaa

    ReplyDelete
  58. Mbak, bagaimana melambatkan suaranya ya? kenapa suaranya justru nggak jelas

    ReplyDelete
  59. ada yang tau serial number nya?

    ReplyDelete
  60. The phrase "memasuki bagian akhir pengumpulan data" is in Indonesian and translates to "entering the final stage of data collection" in English. How Play Games It signifies the concluding phase of gathering information or data for a particular project or research endeavor.

    ReplyDelete