September 21, 2017

Dari Balikpapan ke Berau Perjalan Darat ?. Indah Dikenang Tidak Ingin diualang.

Beberapa minggu lalu, memberanikan NEKAD dari Balikpapan ke Berau dengan menggunakan Jalur Darat. Yup mumpung ada alasan kerja'an (mencoba peruntungan) mengunjungi kembali ke Kota Tanjung Redeb, Berau.

Rute yang Saya Ambil kemarin adalah sebagai berikut

Terminal Batu Ampat
(Balikpapan)
Terminal Sungai Kujang
(Samarinda)
Terminal Lempake
Tanjung Redeb
(Berau)

1. Balikpapan - Terminal Batu Ampar.
Saya berangkat dari Balikpapan - Terminal Batu Ampar,  ini merupakan kali kedua saya naik Bus di Kalimantan, dan kali pertama saya naik Bus dari Terminal ini. Terminalnya bagus dan modern, tapi sayang sepi sekali, tidak banyak penumpang yang terlihat di Terminal ini. Dan Guess what ?.  Bus Executive yang saya tumpangi keluar dari Terminal ini dengan membawa penumpang sebanyak 1 Orang, tidak lain dan tidak bukan hanya saya seorang. -_-".

Tak lama setelah itu, Saya tersadar, kelihatannya saya yang salah tidak tepat mengambil starting Point' untuk naik Bus ke Samarinda. Kebanyakan penumpang menunggu di Warung Kopi dekat pertigaan JL. Soekarno Hatta (Kalau dari arah terminal Batu Ampar). Dalam hati, ada terminal bagus-bagus.., lah kok ya nunggunya disini.

Tiket Balikpapan ke Smarinda dengan Bus Executive AC cukup membayar Rp 40.000

2. Terminal Sungai Kujang ke Terminal Lempake
Perjalanan dari Balikpapan ke Terminal Sungai Kujang - Samarinda ditempu dengan waktu kurang lebih 2 jam. Tidak berhenti di terminal  ini, Saya harus melanjutkan perjalanan ke Terminal Lempake untuk menuju ke Berau. Dari Terminal Sungai Kujang ke Terminal lempake Jaraknya sekitar 20 KM'an (membela kepadatan kota samarinda). Kalau hari masih siang mending pakai Angkot "B" harganya mungkin cuman 16 ribu'an.

Berhubung saya tiba di Terminal Sungai Kujang suda pukul 2 sore, dan harus mengejar Bus pukul 4 sore. Maka saya memutuskan untuk menaiki Ojek, berhubung tergesa-gesa, saya memutuskan untuk naik Ojek Konvensional, tarifnya adalah Rp 50.000. Padahal Go-Jek suda ada di Samarinda, paling habis 20 ribu'an. Dalam hati saya ya sudahlah.., Rejeki Abang Tukang Ojek ini.

3. BUS atau TRAVEL ke Berau ?
Sampai di terminal Lempake, saya segera menghubungi agen BUS MOSA PERSADA yang suda saya pesan dari 2 hari yang lalu. Untuk Bus rute Smarinda - Berau jadwalnya seringkali 3 kali seminggu dan tidak ada hari khusus (dengan sayarat ketentuan berlaku). Maksudnya adalah.., jika penumpang yang menggunakan Bus ini memenui Quota, maka pak supir Bus akan berangkat. Quota penumpang yang dibutuhkan adalah minimal 5 orang. Nanti bakalan di konfirmasi oleh agen BUS.
Harga untuk Rute Samarinda-Berau/Tanjung Redeb adalah Rp 200.000 dengan Bus Mosa Persada. Bus satu-satunya yang melayani rute Samarinda-Berau. Busnya bukan AC ya. Lebih hemat memang naik Bus dari pada menggunakan Travel dengan rute yang sama.

Tidak beruntunglah Saya pada hari itu, ternyata ada beberapa penumpang yang telah reservasi dan membatalkan keberangkatannya. Alhasil penumpang Bus yang tersisah untuk rute ini hanya tingal 2 Orang (Termasuk saya). Karena kurang dari Quota, maka keberangkatan bus pada hari itu dibatalkan. dan Pak Agen Bus mengembalikan Uang Kami. Dan kami di Over ke Travel.

Jam tangan menunjukan Pukul 17:14, kita diantar ke pool travel CV Trans Borneo Jaya 99 Travel. Dengan Tarif Rp 300.000 untuk Rute Samarinda-Berau dengan menggunakan Mobil Avanza. Dan beruntungnya saat itu masih ada kursi yang tersisa. Menyelesaikan pembayaran di agen dan tidak berapa lama perjalanan dimulai.

- Kursi Paling Belakang
Garis besarnya adalah jangan duduk di kursi yang paling belakang...itu adalah Neraka. Trust Me..., lebih baik kalain di depan samping pak Supir atau ditengah. Berhubung (lagi-lagi) saya yang paling muda, saya ditunjuk untuk menduduki kursi paling belakang. Sial memang.. hahaha... Bisa kebayang ya.., Pak Supir ngebut, jalanan sepi, dan medan kacau (dibeberapa bagian tidak semua)..., korban yang paling terasa akibatnya adalah kursi paling belakang. Goncangannya itu... Tidak ppernah terlupakan

- Perjalanan menempu Jalan Panjang
Perjalan dari samarinda ke Berau kurang lebih berjarak 550 KM. berangkat kurang lebih pukul 18:00, dan tiba di Tanjung Redeb - Berau Pukul 08:00 Pagi. Tentu tidak Non-Stop, dalam perjalan itu, Saya singgah beberapa kali di warung makan untuk makan dan shalat. Makannya bayar sendiri ya.., jadi Tarif Travel tersebut tidak dikasih makan. Hampir selama perjalanan saya terjaga..., Jangan harap lihat pemandangan kiri dan kanan (yang saya pikirkan sebelumnya adalah bisa Sight Seeing Gitu...), dan segera lupakan hal itu..., karena yang saya lihat hanya gelapnya malam mencekam, penerangan pun minim. Ditambah angin kencang dari kaca mobil yang terbuka LEBAR masuk (yup tidak ada AC) dalam hati.., Siap-siap masuk angin ini... -_-". Intinya adalah siapkan Fisik dan Menta yang kuta selama perjalanan karena perjalanannya menempu jalan panjang.

- Bagasi Barang & Kursi Penumpang
Bagasi barang dan kursi penumpang itu beda tipis..., selama ada tempat kosong yang masih bisa untuk barang maka jadilah bagasi. Intinya adalah.., tidak hanya berduel berdesak-desak'an dengan penumpang lain, tapi saya juga berdesak-desak'an dengan Barang bawaan penumpang lain, yang saya pikir kurang masuk akal. Seperti orang yang mau pindahan. Ya Tuhan...

Dan Akhirnya saya sampai di Tanjung Redeb dengan SELAMAT. Alhamdulilah....

dan SELAMAT MENCOBA.

Cost Summary
- Tiket Bus Balikpapan-Samarinda (Rp 40.000)
- Ojek T. Sungai Kujang - T. Lempake (Rp 50.000)
- Bus Mosa Persada (Rp 200.000) / Travel (Rp 300.000)

Contact Summary
- Agent Bus Mosa Persada (Samarinda - Berau) - 085348626979
- Travel Samarinda - Berau - 085246600711

1. kenangan yang tidak terlupakan lah.. alhamdulillah gak ada pecah ban di tengah hutan atau tiba-tiba setop di tebing jurang karena supir mengantuk :)

2. kenangan yang tidak terlupakan lah.. alhamdulillah gak ada pecah ban di tengah hutan atau tiba-tiba setop di tebing jurang karena supir mengantuk :)

3. Nah ini aku yang mau di tempuh, gara2 kabut asap sehingga penerbangan di cancel oleh smua penerbangan jd mau tidak mau dri berau ke Balikpapan naik travel nanti sore

4. Ini dia..gara2 asap nanti sore sy jg berangkat lewat darat naik travel. Mudah2 perjalanannya lancar dan dilindungi yg maha kuasa. Aamiin

5. Dari bandra balikpapan keberau ,apakah ada trevelnya bg.tiap hari ngg tu?infony doang

6. sy pernah menginap di penginapan persis di bibir pantai di teluk Sulaiman, diiringi debur ombak, semalam tdk bs tidur nyenayk..membayangkan jika terjadi tsunami...habislah...tp view nya itu yang luar biasa bagusnya...ayo ke Berau