November 2, 2012

Mengatasi Sinyal Indovision Naik-Turun

Kadang pengguna antena parabola bawaan TV berlangganan Indovision sering mengalami naik turunnya signal. Cara mengatasi hal tersebut bisa dengan melingkarkan lembaran alumunium pada bagian luar LNB S Band di antena. Mungkin ada yang sudah menerapkan trik antena parabola ini namun yang belum pernah mencoba bisa langsung di praktekkan.
Frekwensi Indovision - SES 7 (Protostar II) 107,7°E Satellite : 2541 V 22500, PID : V 513/ A 641/ P 513. LNB LO : 3620 Bahan yang di gunakan :

  • Lembaran plat atau seng datar dari bahan alumunium. (bisa dibeli di toko bangunan, harganya /meter sekitar 20ribu’an, cukup beli 1 meter)
  • Gunting.
  • Meter pengukur.
Cara Pembuatan :
Potong lembaran alumunium dengan ukuran Panjang 60/ 70 cm, lebar 10 cm.
trik menaikan signal antena indovision pakai alumunium
Keterangan gambar :
  • (1) Potong bagian atas lembaran alumunium kurang lebih 1.5 cm dengan jarak dari ujung lembaran 3 cm ke bgian dalam.
  • (2) Gunting bagian atas lebaran alumunium ikuti seperti pada gambar di atas, gunting 1.5 cm dengan jarak dari ujung lembar alumunium mengikuti/ sesuaikan dengan bagian yang di potong tadi. Caranya lingkarkan pada LNB kemudian tandai tepat pada bagian ujungnya satunya yang sudah di potong

Selanjutnya lingkarkan pada LNB & lipatkan bagian yang digunting ke arah luar sehingga saling menempel membentuk lingkaran seprti yang tampak pada foto berikut :
trik antena indovision
Signal yang tadinya kecil/ sering naik turun akan jadi stabil nantinya. Trik ini bisa juga mengatasi gangguan dari signal WiFi.

Sumber : http://manado-parabola.blogspot.com/2011/12/mengatasi-masalah-signal-yang-naik.html

NB :

Cara ini suda saya praktekan sendiri di antena indovision saya. awalnya ragu…, bisa ngefek apa gak. Dan ternyata setelah saya praktekan sendiri ternyata memang benar 100% Work. Ada beberapa chanel yang semula sinyalnya naik turun, kemudian jadi stabil di 90%’nan. Thanks a lot manadoparabola.

5 comments:

  1. Mantep bro kalo prakteknya ada peningkatan signal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks bro tutorialnya. Membantu banget kemarin.

      Delete
  2. Terima kasih banyak infonya..
    sangat membantu dan bermanfaat..

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Saya hadapi masalah yg sama..saya hanya guna aluminium foil yg di balut agak tebal ada channel yg masih kadang2 turun naik

    ReplyDelete