June 15, 2017

Brevet Pajak A & B - Balikpapan - STIEPAN





















Pada akhir tahun 2016, Finally saya memutuskan ambil kelas Brevet Pajak A dan B ini di Balikpapan. Dan program ini saya ikuti kurang lebih 4 Bulan, dari bulan November 2016 sampai Februari 2017.

Sebenarnya agak malas, tapi Trust Me sangat berguna banget, apalagi untuk bisnisnya yang sedikit banyak berhubungan dengan Perusahaan Plat Merah atau Instansi Pemerintah.

Kenapa saya ambil Brevet di STIEPAN - Balikpapan ?.
1. Sekolah Tinggi Ekonomi Balikpapan (STIEPAN), setau saya merupakan pioneer dalam penyelenggaraan program Brevet A dan B. Pengalamannya, jangan ditanya dah.... Saya saja suda angkatan yang ke-22. Ada beberapa lembaga pendidikan seperti UNIBA dan Ikatan Akuntan Indonesia di Balikpapan yang tercatat pernah menyelenggarakan program serupa. Tapi entah.., masih berjalan ata tidak program tersebut.

2. Tenaga Pendidik. Yup..., salah satu yang paling saya demenin. Kebanyakan tenaga pendidiknya adalah praktisi Pajak (PNS Kemenkeu di KPP), dan ada beberapa yang akademisi. Kelebihannya adalah mereka datang dengan berbagai kasus yang up to date . Mulai dari keluh-kesah sampai terheran-heran dengan kelakuan Wajib Pajak.

3. Waktu, Sarana dan Prasarana yang OK. Program ini berlangsung pada hari Sabtu Dan minggu. Kalau Hari sabtu dari Pukul 2 Siang samapi Puku 8. Sedangkan hari Minggu dimulai Pukul 09:00 Sampai Pukul 16:00. Dan Setiap Hari Minggu, sebagian waktunya digunakan untuk Ujian atas materi yang didapat sebelumnya. Sarana dan Prasanan kelasnya OK lah..., Projector, AC, dan Wifi lengkap. Gak usah bingung-bingun buat cari makan, karena makan berat sudah disediakan disetiap pertemuan.

Pasti tanya-tanya ya, Biaya Program Brevet A dan B ini Berapa ?. Pada waktu Saya ambil program ini kemarin Rp 4.000.000.
Merut saya Worth banget lah....


Berikut adalah beberpapa materi yang ada di Program Brevet A dan B - STIEPAN Balikpapan.
1. KUP (Ketentuan Umum Perpajakan)
2. PPh Orang Pribadi + SPT
3. PBB / BPHTB/BM
4. PPh Badan + SPT
5. PPh Pasal 21 + SPT
6. PPh Pasal 22/23/26 + SPT
7. PPN dan PPnBM + SPT
8. Akuntansi Pajak
9. PPSP/Penagihan Pajak


Materi Perkuliahannya bisa di Download disini.

Jika ada yang keberatan Materinya saya posting disini. Tolong Kontak saya By Email Ya...

No comments:

Post a Comment