February 15, 2011

Pimsleur : Metode Cepat Belajar Bahasa Asing

agan-agan pasti bingung, kenapa para agen FBI dengan mudah menguasai berbahasa asing. dengan santainya mereka bisa bercasciscus dengan puluhan bahasa yang berbeda

pasti menguasai berbagai bahasa adalah impian buat kita semua.

jadi ane mau ngeshare solusinya nih gan, yaitu belajar dengan METODE PIMSLEUR



Apa Iti PIMSLEUR ?

Pimsleur adalah metode pembelajaran bahasa asing yang berdasarkan 4 aspek, yaitu antisipasi, mengingat, kosakata utama, dan balajar secara alami.

Pimsleur merupakan pengajaran bahasa asing yang berbasis audio, dimana pendengar disuruh mengulang apa saja yang telah mereka dengar sebelumnya secara berulang-rulang.


Metode Pengajaran

  1. Siswa mendengarkan rekaman dari penutur asli berbicara frase, baik dalam bahasa asing dan bahasa yang digunakan untuk mengajar/bahasa yang dikuasai siswa (biasanya bahasa Inggris).

  2. Pada interval waktu yang bervariasi, siswa diminta untuk mengulangi kalimat yang telah siswa tersebut dengarkan

  3. Setelah diulang-ulang, siswa kemudian diperkenalkan dengan frase baru.

  4. Setelah mengulangi beberapa kali, siswa diminta untuk mengulangi frase sebelumnya dan frase yang baru saja ia pelajari.

  5. Frase lama akan diulang-ulang dengan periode yang acak bersamaan dengan frase baru. Biasanya pengulangannya dilakukan berdasarkan kemiripan makna antara kedua frase (Frase lama dan baru) tersebut.



Prinsip Pengajaran

  1. Antisipasi. Kursus Bahasa umumnya meminta siswa untuk mengulangi setelah instruktur menyampaikan suatu frase. Menurut Paul Pimsleur itu adalah cara belajar pasif. Pimsleur mengembangkan sebuah metode berupa "tantangan dan tanggapan", di mana seorang Siswa diminta untuk menerjemahkan kalimat ke dalam bahasa target, yang kemudian dikonfirmasi. Teknik ini dimaksudkan agar siswa lebih aktif belajar, siswa butuh berpikir sebelum menjawab. Pimsleur mengatakan prinsip antisipasi tercermin percakapan nyata di mana seorang pembicara harus mengingat frase dengan cepat.

  2. Mengingat. Mengingat adalah metode belajar kosakata yang diharapkan akan diingat siswa dalam waktu yang lama. Ini adalah versi retensi melalui pengulangan spasi. Misalnya, jika seorang siswa belajar kata deux (Perancis untuk dua), maka deux diuji setiap beberapa detik pada awalnya, kemudian setiap beberapa menit, kemudian setiap beberapa jam, dan kemudian setiap beberapa hari.

  3. Kosakata utama. Metode Pimsleur berfokus pada pengajaran kata-kata yang umum digunakan dalam rangka membangun pemahaman dari "kosakata utama". Simon & Schuster memproduksi 60 kaset / CD program (empat modul dari 15 kaset / CD masing-masing). Ke 60 kaset itu tidak terlalu membahas kosakata secara terperinci, hanya terfokus pada kosakata yang lazim digunakan. Pimsleur mengklaim metode paling efektif adalah motode bagaimana penutur asli belajar tata bahasa ketika mereka anak-anak, yaitu tidak terlalu mempedulikan tata bahasanya.
  4. Balajar secara natural. Metode ini menggunakan format audio karena Pimsleur berpendapat bahwa mayoritas siswa belajar untuk berbicara dan memahami. Paul Pimsleur merasa bahwa keterampilan mendengar sangat berbeda dengan ketrampilan membaca dan menulis. Karena itu ia mencoba menciptakan pembelajaran yang natural yaitu mempelajaro tata bahasa, kosa kata, dan pengucapan secara bersamaan.


Sampai sekarang Pimsleur telah mencakup 45 bahasa asing, antara lain :

Albanian, Eastern Arabic, Egyptian Arabic, Eastern Armenian, Western Armenian, Cantonese, Chinese (Mandarin, Cantonese), Croatian, Czech, Danish, Dari, Dutch, Farsi(Persian), French, German, Greek, Haitian Creole, Hebrew, Hindi, Hungarian, Indonesian, Irish, Italian, Japanese, Korean, Lithuanian, Norwegian, Ojibwe, Pashto, Polish, Portuguese (Brazilian), Portuguese, Romanian, Russian, Spanish, Swahili, Swedish, Swiss German (Switzerland), Tagalog (Philippines), Thai, Turkish, Twi, Ukrainian, Urdu, Vietnamese

13 comments:

  1. pengen belajar bahasa inggris kok susah banget.. terima kasih infonya

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak infonya..
    sangat membantu dan bermanfaat..

    ReplyDelete
  3. mantap.. runut dan lengkap jelas..
    sangat bermanfaat
    terima kasih

    ReplyDelete
  4. Terimakasih infonya, mudah dipahami, runtut dan jelas. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete